DOWNLOAD DISINI
DOWNLOAD FILE DISINI

Tips Membuat Bisnis Online Pada Blog

Web atau Blog merupakan sebuah tempat yang efektif untuk mengembangkan bisnis kecil di dunia internet. Kita bisa memanfaatkannya menjadi ladang yang menghasilkan uang, bisa lewat penawaran jasa, pemasaran produk, dan hal lainnya yang terkait dengan keahlian yang kita tekuni. Dari segi kemanfaatannya, web atau blog adalah peluang untuk membangun informasi dan komunikasi kita di berbagai sumber daya yang kita tekuni.

Meskipun banyak orang yang berpendapat bahwa sebuah isi konten seumpama raja, tetapi sebuah platform adalah ratunya. Jika dikaitkan, maka hal itu juga bisa terjadi pada platform pemasaran web dan blog kita. Meneggunakan platform yang baik berarti juga membangun kehadiran media sosial dan banyak pengunjung. Konten adalah sebuah pesan dalam sebuah web atau blog, tapi platform menyediakan banyak keterlibatan, visibilitas, dan juga fasilitas.

Kita tahu Michael Hyatt ? dia adalah orang New York yang membuat blog bertema tentang kepemimpinan (michaelhyatt.com). Pada tanggal 22 Mei, ia merilis buku "Platform: Get Noticed In a Noisy World" yang merupakan buku terlaris di New York.  Dia berkaca pada Thomas Nelson dan banyak mengambil panduan dalam usaha pemasaran media sosial dan blog. Buku tersebut banyak memberi manfaat kepada pada pembacanya dalam strategi pemasaran online. Buku ini menjelaskan tentang beberapa langkah untuk penggabungan media tradisional dan baru dalam membangun dan meningkatkan blog.

Michael Hyatt memulai blognya pada tahun 2004, ia terus bekerja keras dan selalu konsisten sampai pada tahun 2008. Ia mempunyai komitmen dalam rutinitas menulis beberapa hari dalam satu minggu. Pada tahun 2010, ia mulai menerbitkan posting sebanyak lima kali dalam seminggu. Dan setiap minggu salah satu postingnya menawarkan transkrip podcast 30 selama menit yang didistribusikan melalui iTunes. Blog yang biasanya dikunjungi sekitar 1.000 pengunjung per bulan berubah menjadi sekitar lebih dari 300.000 per bulan. Waoooww, keren kan ?

Michael Hyatt, yang menjadi sebagai seorang juru bicara dan juga sebagai seorang penulis, menjelaskan tentang bagaimana cara membangun platform dalam sebuah web dan blog.  Dalam penjelasannya, dia menggunakan blog sebagai contoh untuk membangun ladang bisnis. Ketika ia mengawali sebagai seorang blogger, hal pertama yang ia lakukan adalah berinteraksi dan membuat koneksi dengan para blogger kelas atas. Ia membangun sebuah komunitas dukung untuk blognya dengan berbagi konten dari beberapa blogger yang sukses seperti Dave Ramsey, Seth Godin, dan Chris Brogan. Ia melakukan hal itu sebagai upaya membantu mereka dalam menjual dan memasarkan produk.

Dari beberapa konten yang paling populer dari blog Michael Hyatt bertema tentang panduan dalam menggunakan media sosial dan Web. Dia telah membuktikan bahwa blog yang dikelolah dengan baik dan konsisten bisa menjadi sumber pendapatan online, itu jika memang benar-benar ada niat dan kemauan keras. Penghasilan dari blog Michael Hyatt dalam setiap bulan bisa menghasilkan uang sebesar $35.000 atau sekitar Rp. 420.000.000, yang salah satunya berasal dari penjualan serta pemasaran ebook dan iklan (iklan afiliasi dan iklan banner).

Beberapa blogger yang sukses bisa menghasilkan $ 50.000 per tahun dari web atau blog. Tetapi, tidak berarti semua orang bisa melakukannya. Web atau blog seperti musik, banyak orang yang bisa menyanyikan lagu dengan suara merdu, tetapi tidak semua orang bisa menjadi terkenal. Begitu pula blog yang dalam kenyataanya, ada banyak blogger yang besar tetapi mereka tidak mempunyai niat dan kemauan untuk menjalankan bisnis. Sukses adalah sebuah pilihan, begitulah kata banyak orang.

Untuk menjadi seorang blogger yang sukses, Michael Hyatt memberikan beberapa tips sebagai berikut :

1.   Buat konten dengan ide sendiri
Buat artikel yang menarik dari hasil pemikiran sendiri, karena jika kita mengcopy paste konten orang lain, itu sama saja menghancurkan harga diri blog.

2.   Berpikir untuk besok
Berpikirlah tentang topik yang harus kita terbitkan pada esok hari, dan usahakan topik tersebut berkaitan dengan topik yang diterbitkan saat ini. Kita bisa melakukannya kapan pun bahkan sebelum meletakkan bantal di atas kepala.

3.   Luangkan waktu
Luangkan waktumu untuk menulis dan gunakan ia sebagai kewajiban yang harus dipenuhi, entah itu 1 jam atau 2 jam.

4.   Fokus menulis
Sempatkan waktu untuk fokus menulis, dan jangan biarkan kita terlibat dalam beberapa hal yang dapat menggangu waktu menulis, kecuali memang benar-benar terpaksa.

5.   Beri waktu istirahat
Jangan menulis secara terus-menerus, usahakan kita bisa memberikan hiburan dan refreshing pikiran kita. Hal ini bisa memberikan ide-ide baru, jika pikiran terlalu jenuh maka ide pun tidak ditemui.

6.   Gunakan kata sederhana
Buatlah kalimat dan paragraf yang sederhana dan bisa dipahami pembaca, jangan terlalu monoton, jangan terlalu panjang, dan jangan terlalu berlebihan. Gunakan ejaan yang benar, tata bahasa yang baik dan baku, dan periksa beberapa kesalahan yang mungkin ditemui.

7.   Sabar dan tekun
Jika kita ingin menjadi seorang blogger yang sukses seperti Michael Hyatt. Hal yang harus dilakukan adalah bekerja keras, tekun, dan bersabar. Jangan menyerah terlebih dahulu karena sukses membutuhkan proses. Sering menerbitkan artikel dan merawat blog dengan baik akan menyediakan peluang besar bagi datangnya para pengunjung. Dan saat blog kita sudah mulai mandiri dan ramai, itu penghasilan sudah berada di depan mata, kita tinggal mencari jalan untuk mendapatkannya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membuat Bisnis Online Pada Blog"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel