DOWNLOAD DISINI
DOWNLOAD FILE DISINI

Apa itu Sidebar Blog ? Apa Manfaat Sidebar Blog ?

Apa itu sidebar blog ?

Sidebar Blog adalah bagian dari tata letak suatu blog. Sidebar merupakan kolom blog yang berada di sebelah kiri, atas, bawah, dan kanan posting artikel. Kita tentu banyak melihat web dan blog dengan berbagai widget disebelah kiri dan kanan posting, atau di atas dan bawah posting artikel. Itu adalah sidebar.


Apa manfaat sidebar blog ?

Sidebar blog mempunyai banyak mafaat bagi blog yang diantaranya adalah :

1.  Mempercantik blog
Sidebar juga dapat mempercantik dan memperindah tampilan halaman blog. Kita bisa menghiasinya dengan berbagai widget. Blog yang hanya terdapat posting artikel akan terlihat kurang berkesan bahkan buruk. Namun, dengan adanya sidebar membuat blog tersebut menjadi bervariasi dan terlihat cantik. Misalnya dengan menampilkan gambar slide show, gambar-gambar lucu, video, dan lain sebagainya.

2.  Memberikan informasi tentang blog
Sidebar juga digunakan untuk memberikan beberapa informasi yang terkait dengan blog kepada para pengunjung. Misalnya informasi sekilas tentang blog, informasi tentang artikel paling popular, informasi tentang arsip artikel, artikel yang paling baru dan lain-lain.

3.  Memberikan informasi tentang pengguna blog
Kebanyakan blogger juga memberikan sekilas informasi tentang diri mereka melalui sidebar blog. Biasanya pada kolom sidebar “about me” atau “my profil”.

4.  Memberikan informasi tentang jumlah pengunjung
Salah satu kegunaan sidebar adalah menampilkan jumlah visitor. Dengan menampilkan banyaknya visitor maka ini akan membuat orang beranggapan bahwa blog tersebut sangat ramai pengunjung.

5.  Tempat media sosial
Kita pun bisa menampilkan halaman facebook dalam sidebar dan memberikan informasi kepada pengunjung tentang anggota halaman facebook kita.

6.  Tempat iklan
Diantara beberapa blogger menempatkan iklan pada sidebar blog. Ini dikarenakan sidebar merupakan tempat yang strategis dalam menampilkan iklan dan memperoleh banyak klik iklan dari pengunjung. Dan lain sebagainya.


Apa yang harus kita tampilkan pada sidebar blog ?

Desain sidebar blog bisa apa saja yang kina inginkan, tetapi alangkah lebih baik dan bermafaat jika kita menggunakan sidebar dengan sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan para pengunjung. Misalnya kita mengunakannya sidebar dengan memberikan informasi terkait blog seperti popular posts, archive posts, latest posts dan lainnya, itu akan dapat berguna bagi pengunjung. Tetapi jika kita menggunakan sidebar dengan hal yang kurang bermanfaat dan kurang memenuhi kebutuhan pengunjung seperti banyak iklan, banyak hiasan, video, dan photo pribadi, maka itu akan memberikan citra buruk pada blog meskipun blog kita terlihat indah dengan berbagai hiasan.

Jadi gunakan sidebar dengan hal yang bisa memenuhi keinginan para pengunjung. Jika kita bisa lebih mengedepankan kebutuhan pengunjung dari pada kebutuhan sendir, tentu akan membawa hal yang baik bagi peningkatan blog kita. Semakin senang pengunjung dengan isi blog, maka akan semakin banyak pengunjung yang dating. Jangan kecewakan mereka dengan sepeser uang dari iklan atau hal yang kurang menarik pada sidebar. Ingat, pengunjung datang dan membaca artikel kita untuk mendapatkan solusi atas suatu masalah.

Salah satu hal lain yang bermanfaat lainnya adalah mengundang para pengunjung untuk berlangganan ke blog melalui via email dan jaringan sosial. Sidebar adalah tempat yang sempurna untuk mengundang orang untuk berhubungan dengan kita melalui beberapa jaringan sosial. Tampilkan link yang bisa mengarah dan terhubung pada facebook, twitter, linkedln, email, dan sebagainya. Dengan kata lain, sidebar blog adalah cara yang efektif untuk mempromosikan konten melalui berbagai jaringan sosial.

Belum ada Komentar untuk "Apa itu Sidebar Blog ? Apa Manfaat Sidebar Blog ?"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel